Mode Pakaian Dengan Kain Tenun Endek

Published In: ROOT Created Date: 2013-12-23

Di zaman modern ini Kain Tenun "Endek" Bali telah mengalami revolusi dari waktu-kewaktu, banyak sekali model dari baju endek telah mengalami perubahan untuk mengimbangi fashion. Terutama perkembangan endek untuk wanita, design yang lebih modis dan indah mulai dibentuk. Tentu tanpa meninggalkan aturan-aturan yang ada.

Pengolahan  tekstil  dalam berbagai  cara, baik dari serat, bahan, motif ataupun warna menjadi  informasi yang menarik. “Seharusnya makin banyak desainer kita yang mengolah  tekstil atau kain endek kita agar menjadi bahan baju yang fashionable .

Berbagai ragam kostum yang berdedar dipasaran memang menunjukkan banyaknya kemungkinan untuk mengolah kain atau tekstil ini  dalam inovasi-inovasi yang menjanjikan.

Yang membanggakan adalah banyak karya-karya  masyarakat lokal di bali yang memproduksi kain endek tenun telah berhasil menggaet pasar di manca negara. Kreativitas  seperti  sudah menjadi bagian dari nafas kehidupan para perancang mode yang selalu ingin berinovasi sesuau hal yang baru menjadi unik dan khas.

Saat ini para kalangan pejabat /pemerintahan kususnya di provinsi daerah Bali dan sebagian besar juga segenap perusahaan pelaku pariwisata Bali telah menggunakan Kain Endek sebagai kain dasar bahan pakaian mereka. Hal ini untuk mendukung dalam usaha pelestarian hasil karya kearifan lokal.

Berbagai corak baju/pakaian dengan berbagai mode design bermunculan untuk semakin memanjakan konsumennya. Dengan menggunakan gabungan konsep modern dan tradisional mampu membuat gebrakan mode sendiri. Bahkan ada beberapa pembuat endek yang melakukan inovasi seperti membuat kemeja, gaun, model kebaya, dan berbagai model busana untuk acara-acara formal/nonformal. Kita bisa membuat model lain yang lebih kreatif, sehingga Endek bukan hanya sebagai baju ke pesta saja. Melainkan kita bisa membuat khusus model baju dari batik yang dapat kita pakai sehari-hari. Tentu hal ini tidak mudah, mengingat sangat sulit sekali membuat trend mode di kalangan anak muda. Mengapa sasaran Endek harus anak muda? Karena anak mudalah pusat dari mode, Jika kita mampu menarik anak muda modern untuk memakai pakaian endek tentu perkembangan endek dalam usaha melestarikan budaya local menuju modernisasi akan semakin maju dari waktu ke waktu. Semoga hal itu dapat terjadi dalam waktu dekat.

Tags: